Lakukan Beberapa Hal Ini Agar Listrik Tetap Stabil

Listrik menjadi salah satu kebutuhan yang penting dan tidak bisa digantikan. Karena hal tersebut, gangguan listrik yang bisa saja terjadi menjadi penyebab menjadi masalah sendiri untuk banyak orang, terutama bagi mereka yang memiliki sebuah bisnis. Sebab, gangguan listrik yang terjadi akan menimbulkan kerugian bagi para pemilik bisnis.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga aliran listrik tetap stabil. Salah satunya adalah dengan merawat trafo. Kamu bisa menggunakan jasa purifikasi oli trafo untuk menjaga kualitas trafo tetap baik baik. Selain menjaga trafo, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menjaga listrik tetap stabil.

  1. Lakukan voltage improvement

Agar listrik stabil dan tidak mudah terkena gangguan, kamu bisa melakukan voltage improvement. Kamu bisa melakukannya dengan adjustment pada tap setting di trafo atau juga menambahkan voltase pada regulator.

  1. Kurangi kebutuhan arus

Agar listrik tetap stabil dan tidak mudah mengalami gangguan, kamu bisa mengurangi kebutuhan arusnya. Cara yang bisa kamu lakukan adalah melakukan koneksi ulang ke substation lainnya. Hal ini bisa membuat kebutuhan arus di jalur tersebut berkurang. Pengurangan ini juga bermanfaat untuk menghemat penggunaan listrik agar tarif listrik tidak melonjak.

  1. Memasang stabilizer listrik

Stabilizer listrik ini biasa juga disebut dengan nama Stavol atau Stabilizer Voltage, atau AVR yaitu Automatic Voltage Regulator. Fungsi alat ini adalah untuk menstabilkan tegangan arus listrik yang tidak stabil atau selalu naik turun. Saat menggunakan stabilizer, kamu harus memilih stabilizer dengan kualitas yang baik karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap stabil atau tidaknya arus listrik di tempat kamu.

  1. Gunakan Uninterruptible Power Supply (UPS)

Menggunakan sebuah perangkat yang dinamai UPS untuk peralatan seperti Komputerdan lain-lain. Alat ini membantu aliran listrik tetap stabil dan menyimpan energi listrik cadangan. UPS yang bagus biasanya bisa bekerja dalam tegangan listrik yang tidak stabil sekalipun.

Listrik yang tidak stabil biasanya terjadi karena daya listrik yang lebih rendah dibandingkan peralatan elektronik yang dipakai. Seperti yang diketahui bahwa peralatan elektronik seperti AC, kulkas, Mesin Restoran, dispenser hingga berbagai peralatan lainnya membutuhkan daya listrik yang besar. Jadi, selalu perhatikan aliran listrik agar tidak terjadi gangguan dan menyebabkan kerugian.