4 Tahap Memasang Popok Bayi dengan Benar

Jika berbicara tentang bayi, ada dua kebutuhan utama bayi yang pasti langsung muncul di benak kita. Yaitu susu dan popok. Bagi keluarga muda yang baru saja dikaruniai anak pertama, dan tidak tinggal dengan orangtua maupun kenalan atau keluarga yang mengerti tentang bayi, pasti merasa kesulitan disaat-saat awal mengurus bayi. Begitu pula ketika sudah beli popok Drypers, Anda yang belum terlalu berpengalaman menjadi orangtua biasanya akan kebingungan dalam hal memasang popok bayi.

Memasang Popok Bayi dengan Benar

Pemasangan popok bayi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pemasangan popok yang tidak tepat bisa menimbulkan masalah pada bayi seperti ketidaknyamanan, kepanasan, iritasi, ruam, dan masalah kesehatan lain. Sang bayi yang merasa tidak nyaman atau kesakitan pun akan mulai rewel dan menangis. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui tahap-tahap memasang popok bayi yang benar seperti yang dijabarkan di bawah ini.

  1. Pastikan Kebersihan Tangan Anda

Bayi memiliki kulit yang masih sangat sensitif dan rentan terkena radikal bebas maupun iritasi kulit bahkan terhadap debu atau kotoran sekecil apapun. Oleh sebabnya, Anda perlu memastikan bahwa tangan Anda sudah benar-benar bersih ketika Anda mulai memasang popok. Anda juga tidak perlu menggunakan sarung tangan karet atau sejenisnya. Anda cukup menggunakan tangan Anda yang sudah dicuci bersih ketika hendak memasang popok bayi.

  1. Sediakan Tempat yang Bersih dan Nyaman

Anda harus pastikan tempat yang digunakan dalam memasang popok adalah tempat yang bersih dan nyaman bagi bayi untuk bersandar. Pastikan Anda menggunakan tempat tidur atau meja yang rata serta perlak bersih sebagai tempat menyandarkan bayi ketika memasang popok.

  1. Selalu Bersihkan Kemaluan Sang Bayi Sebelum Memasang Popok

Walaupun bayi Anda tidak sedang buang kotoran, namun pastikan Anda selalu membersihkan kelamin sang bayi ketika Anda memasang popok. Ketika Anda beli popok Drypers, Anda juga harus membeli tissue basah khusus bayi beserta minyak bayi dan kebutuhan lainnya yang berguna untuk membersihkan area tubuh bayi Anda ketika hendak dipasangkan popok. Pastikan juga area kemaluan sang bayi sudah kering sebelum popok akan direkatkan.

  1. Pastikan Pemasangan Popok Bayi Anda Seimbang

Anda harus memastikan bahwa popok yang akan Anda pasangkan berada tepat diantara kedua kaki sang bayi dengan posisi seimbang. Setelah itu, Anda bisa mengencangkan popok dengan membuka-tutup perekatnya. Tarik perekat kearah perut bayi dan kemudian rekatkan di area depan perut. Pastikan Anda tidak merekatkan perekatnya terlalu kencang sehingga popoknya jadi ketat. Popok yang dipasangkan terlalu  ketat juga bisa menimbulkan iritasi.

Itulah empat tahapan yang wajib Anda ketahui dan pelajari ketika hendak memasang popok bayi. Jadi usai Anda beli popok Drypers dan hendak memasang popok, Anda harus membersihkan tangan, menyediakan tempat yang nyaman untuk mengganti popok, membersihkan kelamin bayi, dan memasang popok dengan seimbang, ya.